Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Your Ad Here

rss

Thursday, April 15, 2010

Rokok Di Kalangan Remaja Putri Indonesia Semakin Memprihatinkan

Inilah kiranya potret sebagian remaja putri kita saat ini. Di tengah gembar-gembor isu akan diharamkannya rokok oleh MUI karena mengandung unsur Babi pada filternya, justru sebagian remaja putri menjadikan rokok sebagai gaya hidup mereka.

Mungkin kita sering menemui remaja putri usia belasan tahun sedang asik merokok di kafe-kafe ataupun restoran, tanpa peduli dengan cibiran atau pandangan negatif dari lingkungan sekitarnya. Cukup memprihatinkan memang, tapi itulah kenyataan yang ada sekarang. Banyak dari mereka yang berdalih merokok karena alasan sebagai teman nongkrong, agar diterima dalam sebuah kelompok, menurunkan berat badan, meringankan stres, sampai hanya sekedar mengikuti tren.

Besarnya resiko terkena penyakit seperti kanker pada perempuan yang merokok, tak lantas menyurutkan niat mereka untuk tetap mengkonsumsinya. Malah dari tahun ke tahun angka perokok di kalangan perempuan muda justru cenderung meningkat. Pada tahun 2008 saja, berdasarkan hasil riset yang dilakukan Koalisi untuk Indonesia Sehat (KuIS) tercatat bahwa 43,33 persen dari perempuan muda Indonesia sudah atau pernah merokok. Yang lebih mencengangkan lagi, pernyataan tersebut didapat berdasarkan survei terhadap siswi SMP usia 13-15 tahun dan SMA usia 16-19 tahun serta mahasiswi usia 20-25 tahun. Dari hasil penelitian tersebut seolah-olah merokok telah menjadi bagian dari gaya hidup remaja masa kini.

Belum adanya peraturan yang tegas dari pemerintah soal larangan merokok untuk anak di bawah umur, boleh jadi merupakan salah satu faktor tingginya perokok di usia remaja. Mekipun dalam BAB II pasal 2.b Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2003 tentang Pengaman Rokok bagi Kesehatan terdapat pernyataan "Melindungi penduduk usia produktif dan remaja dari dorongan lingkungan dan pengaruh iklan untuk inisiasi penggunaan dan ketergantungan terhadap rokok," namun toh tak ada satu bait pun yang menyebutkan adanya larangan menjual rokok pada remaja.

Ke depan pemerintah diharapkan bisa melakukan tindakan yang nyata untuk melindungi masyarakat dari bahaya rokok. Salah satunya dengan ikut ambil bagian dalam ratifikasi FTCT (Konvensi Pengendalian Tembakau), sebab Indonesia sampai saat ini adalah satu-satunya negara di Asia Pasifik yang belum meratifikasi FTCT.



Rokok Di Kalangan Remaja Putri Indonesia Semakin MemprihatinkanSocialTwist Tell-a-Friend

71 comments:

atqon on April 15, 2010 at 4:37 AM said...

wah parah ni..
udah perempuan masih sekolahan lagi..
kayaknya norma-norma uda ndak berlaku lagi..

ivan kavalera on April 15, 2010 at 5:05 AM said...

Sangat memprihatinkan...

NEWS on April 15, 2010 at 5:06 AM said...

WAH..PERLU TINDAK NYATA SEGERA SEMUA PIHAK NEH.

Mixed Fresh Info on April 15, 2010 at 5:52 AM said...

Benar-benar rokok mengancam hidup kita semua....BUkan cewek aja yang merokok anak kecil juga sekarang merokok....Apa kata dunia jika semua warganya merokok???

elok langita on April 15, 2010 at 5:58 AM said...

kasian mereka.. T.T

mkashy buat informasinyaaa

ekoya on April 15, 2010 at 6:31 AM said...

wah lebih baik diharamkan aja byar g tambah xebar tuh

Adit's Blog on April 15, 2010 at 6:36 AM said...

Yaahh....itulah remaja sekarang, rokok cuma dijadikan sebagai life style.

tomo on April 15, 2010 at 6:38 AM said...

Semakin memburuk saja ya.cewek jaman saat ini pake merokok segala

gambutku on April 15, 2010 at 7:07 AM said...

katakan tidak untuk rokok.:D

Synatzier on April 15, 2010 at 8:17 AM said...

~x( ROKOK
satu batang mengandung ribuan bahkan jutaan racun.
STOP KOREK dan ROKOK :-t

panduan dan tutorial photoshop on April 15, 2010 at 9:21 AM said...

wajar aja kalo pa mario teguh bilang wanita perokok itu tidak layak dinikai,..
by www.fajarbukan.blogspot.com

risal's blog on April 15, 2010 at 10:07 AM said...

larangan aja belum cukup....tanpa kesadaran dari remaja itu sendiri...disini orang tua sangatlah berperan agar kiranya mendidik anaknya mulai dari buaian agar mereka jauh dari hal-hal yang negatif

shidiq on April 15, 2010 at 12:41 PM said...

ya...kalo udah begini, sapa yang disalahkan??? anaknya, sekolahankah, orang tuakah, negarakah??? yang jelas akhir-akhir ini makin gak karuan....kabeh do sak karepe dewe..sak penake dewe... mau dibawa kemana indonesia ini?????

DHEA on April 15, 2010 at 2:14 PM said...

EDAAANNNNNNN!!!!! CEWEK2 KOQ NGROKOK!!! TANDA2 KIAMAT!!!!!!!!!!!!!!

bung jamil on April 15, 2010 at 4:41 PM said...

boleh jadi biar kelihatan gaul atau sebagai ungkapan ketiakawanan. Biasanya remaja yg merokok dikarenakan ada salah satu atau lebih diantara teman gaulnya yg merokok.

Sangat memprihatinkan....

Didien® on April 15, 2010 at 4:45 PM said...

peraturan hanya lah sebuah peraturan, kalo pemerintahannya sendiri ga yegas bagaimana akan bisa membawa perubahan?
nice post bro...


salam, ^_^

Zippy on April 15, 2010 at 9:50 PM said...

Hmmm...kalo ada peraturan, pasti bakalan tetep dilanggar.
Ada yang bilang, peraturan ada untuk dilanggar, wkakakakakakakak...

Dunia Hape on April 15, 2010 at 9:52 PM said...

Waduw...cwek ABG jaman sekarang, ada2 aja nih...
Kalo saya sih emang gak suka rokok...
Sebel sih sama asapnya, nyesekkin soalnya...

Nada Duniaku on April 16, 2010 at 7:43 AM said...

emang cewek skrang nih....
g mikir masa depannya tu...

Kolom ponsel on April 16, 2010 at 8:48 AM said...

Parah juga tuch cewek, masih sekolah sudah merokok gimana kl sudah pintar nyari duit, tambah parah kali ya ?!...

dwi isnein on April 16, 2010 at 10:14 AM said...

Tanda2 Dunia akan KIAMAT

Doni Patria Wardhana on April 16, 2010 at 10:24 AM said...

perlu adanya bimbingan dan pengawasan yang extra ketat khususnya dari para orang tua...
tapi lebih bayak yang baiknya ko..

Mr. ek@ on April 16, 2010 at 11:21 AM said...

Krisis moral pemuda Indonesia, generasi penerus bangsa...

Rinda on April 16, 2010 at 12:25 PM said...

jadi inget d sekolahQ dlu,,byk bangeett cwe yg ngrokok,trmsk shbt2 aq,,alhmdllh aq ga suka n gkn mau coba ngrokok,,msa cwo aq g ngrokok aqnya mlah ngrokok,,wleh weleh,,~_~

efraim on April 16, 2010 at 2:58 PM said...

wah wah....
di Indonesia yang jelek2 malah jadi tren yya..
ckckckc

akhatam on April 16, 2010 at 3:20 PM said...

wewq memalukan sekali....
Mau jadi apa kalo kecil2 dah berani ngerokok?? hahhaha

Achmad Edi Goenawan on April 16, 2010 at 8:42 PM said...

Kasian bayinya jika mereka jadi ibu!

ianx on April 16, 2010 at 8:46 PM said...

y aq jg g suka t cewe ngrokok..
pen ng-BOM dagh~~~
boro" ce,..
co ng rokok geh ky ayah q g sk dah..
p Lagi cewek.

zaki on April 17, 2010 at 1:30 AM said...

biarkan mereka dengan yang dimengerti, merekapun sekolah, kuliah, berfikir dan berdasar, tiada yang dapat mencegah kecuali kesadaran jika dinegara demokrasi. Sepertinya komentar saya berlebihan, tapi memang seperti ini adanya.

Bayu Lebond on April 17, 2010 at 4:26 AM said...

hanya karena biar dikata gaul, ampe mengorbankan masa depan...~x(

wandhe on April 17, 2010 at 6:42 AM said...

iya nich, kemarin2 ja, disekolah wan ada cewek yang ngrokok, malahan miras, waw sungguh keterlaluan

Bujen on April 17, 2010 at 10:19 AM said...

Wah parah nh. . Aku aja gk rokok (ngirit duit) hehe

"om_rame" on April 17, 2010 at 11:43 PM said...

hmmm, sang peLajar yg ironis.

batangharijambi on April 18, 2010 at 4:24 AM said...

waduh mau jadi apa ne indonesia klo calon ibu-ibu nya aja begitu.

raksamuda on April 18, 2010 at 9:12 AM said...

iya juga siih.. banyak Ce merokok sekarang niih

Oh ya http://11111011000.com/ membuka keesempatan tukar link.. terbuka untuk umum

Alvhie aja ga pake N on April 18, 2010 at 7:15 PM said...

mau jadi apa mereka nantinya?

Gadis Wanita Cewek ABG on April 19, 2010 at 7:43 AM said...

Kalo mnrut q mngkin ni dmpak gnrsi kt yg bnyk mngadopsi ato meniru budaya luar negeri. Sbnrnya bkn hnya gnrasi muda kita yg mmprihitnkan..... mngkin ni adlh slh stunya, tp sbnrnya bnyk hal yg mmprihtinkan di Negara Indonesia Kita Tercinta ini... smga dr artikel ni bs mmbuat pljran bwt kta agar mnjdi lbih baik.... Amien

ceritawanita.com on April 19, 2010 at 10:25 AM said...

Prihatin sekali deh, menyesal datangnya belakangan. Karena merokok sangat merugikan kesehatan reproduksi wanita.

Regi_Adi on April 19, 2010 at 10:40 AM said...

waduh, memprihatinkan juga nih... kalau terus-terusan begini, bagaimana nasib generasi masa depan??

Bukan Sekedar Blogger Bertuah on April 19, 2010 at 10:33 PM said...

sungguh miris..tapi ini realita....kita sebagai generasi kudu bertindak..mulai dari diri sendiri...dan sebagai sarana silaturahim, saya sudah pasang link blog ini diblogroll "sahabat-sahabat terbaikku"...tukeran link sebagai sarana persahabatan sesama blogger.....terima kasih

Bukan Sekedar Blogger Bertuah-TUKIRAN on April 20, 2010 at 2:42 PM said...

maap sobat...link sudah diperbaiki...trism coreksinya...caramelcoklat..eh ketulis caramelcokelat...he he he he...

mhya on April 20, 2010 at 11:54 PM said...

wah mau jadi apa dia, cewe-cewe koq pada ngrokok,,,,,cowo aja dilarang....

unieqblog on April 20, 2010 at 11:55 PM said...

sangat memprihatinkan!!!!

BRI Jakarta Veteran on April 23, 2010 at 5:12 AM said...

sungguh memprihatinkan ketika merokok dianggap sebagai simbol dari pergaulan ...

Arez_Reza on April 23, 2010 at 6:40 AM said...

setuju bro.......parah......itulah efek dari emansipasi dan globalisasi tentunya.....

Tapi cewe pasti berontak dan bilang "Kalo cowok bisa, kenapa kita2 nggak?"

Kalo semua cowok ga ngrokok.....Bisa ga ya mrka bilang gt?Hehehehe.........Pagi bro........met beraktivitas jga

http://phonecompi.blogspot.com on April 23, 2010 at 7:53 AM said...

Uda biasa w ngeliat yg gituan. Dimedan uda bajibun cewe ngisap.

four dreams on April 23, 2010 at 8:24 AM said...

aku pengunjung baru :)
senang berteman dengan kalian, follow aku ya http://empatmimpi.blogspot.com/2010/04/kangen-sahabat-blogger.html

cpu on April 23, 2010 at 9:31 AM said...

ASTAGA NAGA.....
apa tidak ada kesadaran ya bagi kaum wanita, dia kan nantinya akan hamil..
kan bisa saja menganggu reproduksi mereka....

rasiqzone on April 23, 2010 at 10:02 AM said...

kondisi seperti itu sangat memprihatinkan..
mari kita perbaiki smuanya sbagai generasi penerus..
S E M A N G A T...untuk lebih baik..
thanks sob dan happy blogging..

Kapten Teknologi on April 23, 2010 at 3:03 PM said...

kasian.., akibat salah pergaulan. lebih kasian sama orang tuanya. bagaimana dengan generasi muda indonesia ini.

Bloggy on April 23, 2010 at 7:10 PM said...

When blogger taks: waduh klo cewek ngerokok dampak nya lebih berbahaya kan, udah jangan ngerokok donk :)

arisbudi10 on April 24, 2010 at 9:00 AM said...

Bangsa kita jadi seperti apa ya tahun-tahun depan???

bloggue on April 25, 2010 at 2:12 PM said...

rokok dhapusin aja nie :-L

Fenomena Alam Semesta on April 25, 2010 at 7:19 PM said...

wah bener2 contoh yang buruk...

rahmatea on April 25, 2010 at 8:34 PM said...

sedih......
bagaimana ya nasib generasi muda kita ke depannya.....

ureh on April 26, 2010 at 1:21 AM said...

saya pengen berhenti ngrokok :(

Kang Marno on April 26, 2010 at 7:07 AM said...

Seharusnya kalau cewe , jangan merokok lah , kalau bisa .
Masalahnya ngga enak dilihatnya. jadi dikiria cewe yang ngga ....

crut on April 26, 2010 at 11:53 AM said...

cewek kok kayak gini,ga masuk akal =))

VAN MOVIC on April 27, 2010 at 7:58 PM said...

ckckckc...
cewek jman skrang kok kayak gini...

Rendra Mahardhika Putra on April 28, 2010 at 9:15 AM said...

Wah ...wah parah ....sama ja dilIngkungan Ku juga ada seperti itu Huft .. :((

Bengkel Sehat on April 28, 2010 at 8:31 PM said...

Tanda-tanda kehancuran zaman dah dimulai..

Bunglon Blog on April 29, 2010 at 1:07 AM said...

memang semakin memprihatinkan remaja masa kini
pergaulan bebas dan semacamnya memberikan efek negatif.
merokok buat wanita bukan menjadi hal yg tabu lagi seperti dulu..

Akmal Fahrurizal on April 29, 2010 at 8:05 AM said...

aku mah walaupun cowok malah gak bisa ngerokok!! :p

sehat-mu on April 29, 2010 at 10:30 PM said...

waahhh payah ini remaja putri jaman sekarang.. :((
yah hanya bisa menghimbau, kalau sayang sama keluarga beserta anaknya ntr semoga jauh2 deh dari rokok :D
BTW Atas ane@^^ Keren sobat, jauhkan rokok dari kehidupan Anda

Ipin's cool on May 2, 2010 at 7:34 AM said...

betul betul betul......

cara mengatur keuangan on May 7, 2010 at 2:51 PM said...

adooh mo d bawa kemana seh negara ini,.. generasi nya aja udah,....??? masih blom bs cari uang eeeee uang malah d bakar2,.... ampun2,...

lixzz on May 8, 2010 at 5:23 AM said...

aduh aduh...
apa mndingan ditutup aja ya pabrik-pabrik rokok :D ?
tapi kalo ditutup jelas menambah masalah lagi buat bangsa, ntar pekerja2nya mau dikemanain??
kalo gitu ratifikasi FTCT harus segera dilaksanakan nih, biar ga makin banyak pemuda/pemudi yang rusak karena rokok.

katir on May 11, 2010 at 9:38 AM said...

kenapa ya semakin banyak orang yang tidak suka pada rokok.....
padahal enak lo rokok itu....
kenapa juga harus di buat undang2 anti rokok....
bukannya undang2 anti rokok malah bikin semangat untuk para perokok???
bukannya undang2 anti rokok juga bikin tambah perokok-perokok baru untuk membuktikan kalo merokok itu tidak berbahaya seperti yang di gembor-gemborkan anti rokok????
hehehehehehehehe..................x( =))

Re's Japan on May 14, 2010 at 6:00 AM said...

pemilik pertama perusahaan marlboro aja meninggal gara-gara kanker paru-paru.. wkwkwkwkwkwkwkwkwk,,

parahnya, balita juga udah ada yg ikut merokok :-o mengerikan!

Anonymous said...

setuju
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p

Anonymous said...

keren.. I like it..


Post a Comment

Recent Articles

Followers

Caramelcoklat Fans Box

 

Twitter