Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Your Ad Here

rss

Thursday, November 26, 2009

Tattoo, Antara Seni dan Gaya Hidup

Tattoo sebenarnya sudah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia sejak ratusan tahun lalu, utamanya pada suku-suku pedalaman di beberapa pulau. Meskipun begitu, tattoo di Indonesia kerap kali dipandang sebagai suatu hal yang negatif. Kriminalisme dan premanisme sering diidentikan dengan orang-orang bertattoo. Padahal tattoo itu sendiri merupakan bagian dari seni menghias tubuh dan lebih dari itu, tattoo mempunyai makna atau simbol tersendiri bagi mereka sang pemiliknya.

Berbeda dengan body painting yang hanya mewarnai tubuh dengan cat air, tattoo berarti menanamkan tinta pigmen berwarna ke lapisan kulit teratas dalam bentuk gambar maupun tulisan. Tattoo bukanlah sekedar seni maupun tren gaya hidup, tapi lebih merupakan suatu pilihan yang di dalamnya juga banyak mengandung resiko. Masalah kesehatan menjadi yang paling sering disoroti dari karya seni ini, karena rentan terhadap serangan bakteri dan virus, seperti HIV.

Kata penyesalan sering terucap dari para pecandu tattoo, oleh sebab itu kini banyak cara ditempuh untuk menghilangkan tattoo dari tubuh pemiliknya, termasuk dengan menggunakan laser atau krim Rejuvi. Jadi, pikirkanlah matang-matang sehingga kamu tidak menyesal dikemudian hari. Ada banyak alasan mengapa seseorang memilih untuk ditattoo. Tapi satu hal yang pasti, hanya sekedar ikut-ikutan atau karena lagi tren, bukanlah alasan yang bijak bagi seseorang memutuskan memiliki tattoo.

Berikut ini hal-hal yang perlu jadi perhatian sebelum merajam tubuh kamu dengan jarum elektrik diantaranya, yakinkan diri kamu sendiri dan jika perlu minta pendapat dari orang-orang terdekat, seperti orang tua. Selanjutnya, pilih gambar atau tulisan yang benar-benar mempunyai makna atau arti mendalam buat kamu, jangan hanya karena gambarnya keren, sebab suatu hari kamu pasti akan bosan. Kemudian, jangan sekali-kali membuat nama pacar sebagai tattoo, sekalipun nama istri atau suami kamu. Lalu pilihlah studio tato profesional, meskipun sedikit mahal asalkan kualitasnya baik. Ini adalah bagian yang paling penting, perhatikan peralatan yang digunakan dan pastikan semua alat baru serta steril, sebab ini menyangkut kesehatan kamu.
(Illustration courtesy of kompasiana)



Tattoo, Antara Seni dan Gaya HidupSocialTwist Tell-a-Friend

14 comments:

Unknown on November 26, 2009 at 6:42 AM said...

salam sahabat
wah suiip tattonya tapi sakita ga ya he..he...ada yg ga permanent ga ya,walah tapi saya pakai buat apa wong selalu tertutup hiks..hiks..nice posting..good luck ya

heru on November 26, 2009 at 9:57 AM said...

dulu teman2 ajak pasang tatoo. tapi saya ngak mau karna buat apa. jadi ngak dipasang hehehe

no name on November 27, 2009 at 7:31 PM said...

pengennya sih pasang tatoooooo tapi masih mikir2 juga akibat dari tattoooo, kayaknya kalo buat kerja kantoran agak menghambat yach......

RantZ RcheL on November 28, 2009 at 12:20 AM said...

jangan ah,. mrusak badan,.hehe,. tp bagus jg,. tp jgn dhe,. ah jd bngung,.hehe ,. nice info,.,. ALL IN TUMBUH

javabis99 | Bisnis n Hobby Blog on November 28, 2009 at 10:14 AM said...

liat design2 pengen jg sih, tapi ntar2 aja dulu ah, thanks share nya. salam blogger

turisuna on November 29, 2009 at 10:13 AM said...

Saya suka liat design yang cantik-cantik, tapi klo saya sie pilih karya seni yang gak menyakitkan :D Kadang-kadang suka nyobain tato yang tempelan alias temporary jadi klo dah bosen bisa ganti model yang lain ;))

vEyLovabLe on November 30, 2009 at 11:09 PM said...

maUuu biKin tatoo,,,kEren,,,cUte aja kalo pUnya tatoo,,tapi penampilan tetep rapi,,,,

jola76 on December 3, 2009 at 12:30 PM said...

kalo sekarang cenderung ke gaya hidup kale yee... salam kenal sobat

Bayu Lebond on December 9, 2009 at 1:57 PM said...

kebetulan tubuh gw jg penuh tatto neh...semenjak SMP ampe sekarang dah penuh tuh...tp bukan gaya hidup ato sok seni...yg pasti gw lakuin krn gw suka...gw gak peduli apa kata orang...cuma sekedar saran...kl temen-temen belum ada tattonya jangan nyoba deh...tar keterusan kaya gw...

thepenks on December 9, 2009 at 7:17 PM said...

kalau untuk tattoo ndak deh.. dilarang agama tuh..;))

New Bie Oon on December 11, 2009 at 10:27 PM said...

seandainya dia tahu sedikit mengenai agama, atau sudah tau tapi pura2 tidak tahu...

RifkyMedia™ on December 12, 2009 at 4:03 AM said...

Saya bersyukur dengan apa yg sudah diberi Allah Swt, dan menjaganya, saya sih g mau men tatto,menindik bagian tubuh.

rizky on May 11, 2010 at 3:22 PM said...

pake tatto terlihat lebih cool :)
gw tattoan dari SMA kelas 1. :D

Anonymous said...

gak usah bawa bawa agama deh...!! agama tu buat diri lu sendiri aja..!!


Post a Comment

Recent Articles

Followers

Caramelcoklat Fans Box

 

Recent Readers

Twitter