Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Your Ad Here

rss

Monday, November 16, 2009

Memilih Nama Domain Yang Baik

Nama domain merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan, agar situs web atau blog kita memiliki rating yang baik. Apalagi kalau kamu membangun situs web/blog untuk kepentingan bisnis, menentukan nama yang ramah SEO dan mudah diingat orang menjadi begitu penting. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan nama domain yang bagus. Caramelcoklat coba merangkum hal-hal yang perlu jadi pertimbangan, sebelum memutuskan memilih nama domain.

Singkat dan mudah diingat
Secara umum, jauh lebih baik untuk memilih nama domain yang pendek. Semakin pendek nama domain kamu, semakin mudah untuk diingat orang. Dari perspektif pemasaran hal ini sangat penting. Sebab bukan tidak mungkin, orang yang mengunjungi web/blog kamu akan memberitahukan orang lain tentang keberadaan web/bog yang dilihatnya. Seperti halnya bisnis, dari mulut ke mulut adalah alat promosi paling ampuh untuk meningkatkan traffic. Jika namanya panjang akan sulit untuk diingat, kecuali orang itu malakukan bookmark dan mungkin saja mereka tidak akan pernah kembali.

Hindari misspell (salah ejaan)
Rata-rata orang akan mengetikkan alamat pada browsernya untuk membuka sebuah web/blog. Jika nama domain kamu mudah misspell, ini tentu akan merugikan. Misalnya nama domain kamu "greattutorial.com", kamu juga harus memeriksa apakah ada situs lain yang didasarkan pada salah ejaan dari situs kamu, misalnya "greattutorials.com".

Tanda penghubung
Seiring berjalannya waktu jumlah nama domain juga akan semakin berkurang, jadi segeralah memutuskan nama yang tepat untuk web/blog kamu.
Dalam memilih nama, tentunya juga terdapat pilihan untuk memilih tanda penghubung. Tanda penghubung dapat memberikan keuntungan, karena memungkinkan kamu untuk memisahkan dengan jelas beberapa kata dalam nama domain, sehingga dapat memperkecil kemungkinan misspell. sebagai contoh "yourdomainname.com" akan lebih mudah misspell ketimbang "your-domain-name.com", tapi di sisi lain pemberian tanda penghubung juga bisa menambah panjang nama domain kamu, jadi sebaiknya gunakanlah dengan bijak. Keuntungan lain menggunakan tanda penghubung adalah, search engine dapat mengambil unik setiap kata dalam nama domain sebagai kata kunci, Sehingga dapat memudahkan search engine untuk menemukan web/blog kamu.

Ekstensi domain, dot apa?
Ada banyak pilihan ekstensi untuk nama domain kamu seperti, .com, .net, .org, .info, .biz dan lain sebagainya. Yang paling umum digunakan adalah .com, namun jika tidak memungkinkan untuk menaruh ekstensi .com, carilah alternative lain. Caramelcoklat sangat menyarankan menggunakan .net sebagai pilihan, sebab .net merupakan ekstensi urutan kedua terpopuler setelah .com.

Masalah hukum
Hindari memilih nama domain yang sudah menjadi trademark suatu institusi atau lembaga, karena hal ini dapat menjerat kita kepada kasus hukum. Meskipun kasus yang berkaitan dengan masalah ini jarang terjadi, sebaiknya kita menghindari adanya kemungkinan resiko tersebut.

Search engine
Masing-masing mesin pencari memiliki proses yang unik dan berbeda satu sama lain, dalam menampilkan hasil pencarian atau daftar direktori.
Jika memungkinkan pilihlah nama domain dari huruf alfabet yang paling awal, seperti "a" atau "b". sebagai contoh "andiblog.com" akan tampil di atas "mariablog.com". Periksa direktori sebelum kamu memutuskan nama domain, dengan melakukan scan pada mesin pencari dan urutkan hasil berdasarkan kata kunci.



Memilih Nama Domain Yang BaikSocialTwist Tell-a-Friend

9 comments:

ibnu andhika on November 16, 2009 at 8:24 PM said...

artikel sangat membantu sekali semoga tulisan anda bisa menjadi bahan referensi teman - teman blogger

heru on November 18, 2009 at 8:03 AM said...

thanks sobat tipsnya, menambah wawasan

Celebrities on November 21, 2009 at 6:09 PM said...

Tip yang menarik, jadi nambah pengetahuan nih! :)

INDONESIAN VOICES on November 22, 2009 at 4:44 PM said...

sip tips nya...

SigmaBisnis on November 23, 2009 at 11:57 PM said...

Mantap, penjelasan yang sangat bagus dan bisa dimengerti.
Salam.

Unknown on January 1, 2010 at 8:43 PM said...

makasihh tispx :D

Rahmat Muntaha Aziz on February 28, 2010 at 8:22 AM said...

ih, bagus banget.... thanx...
templateny jg keren ;)

astheams on March 7, 2010 at 5:35 AM said...

kalau buat domain,, gratis gak?? apa berbayar??

Seputar Harapan Indah on April 10, 2010 at 11:18 PM said...

thanks... ikut memantapkan memilih domain baru... :D


Post a Comment

Recent Articles

Followers

Caramelcoklat Fans Box

 

Recent Readers

Twitter