Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Your Ad Here

rss

Tuesday, November 10, 2009

Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta Dalam Mengelola Sistem Perekrutan CPNS Periode 2009-2010

Saat ini pembukaan lowongan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sedang marak-maraknya. Banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi abdi negara, meskipun Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih sering dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Tapi kali ini yang akan dicermati bukanlah perihal itu, melainkan sejauh mana sistem perekrutan yang digunakan, apakah sudah berjalan dengan baik atau belum.

Caramelcoklat coba mengamati sistem perekrutan yang digunakan oleh beberapa Instansi dan Departemen dalam merekrut calon pegawainya. Diantara sekian banyak Instansi atau Departemen yang membuka lowongan CPNS, sejauh ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta adalah salah satu yang memiliki sistem perekrutan cukup baik. Ini dilihat dari sejumlah aspek penilaian tentunya.

Pemprov DKI Jakarta memiliki perencanaan, kecepatan, ketepatan, serta jadwal kegiatan yang jelas. Hal ini dapat kita lihat dari proses awal registrasi online yang dibuat. Interface web didesain sedemikian rupa sehingga memudahkan para pelamar untuk melakukan registrasi online, bahkan hampir sama sekali tidak membingungkan. Lama proses dari awal pengumuman pengadaan CPNS, registrasi, hingga ke pengumuman hasil seleksi adiministrasi, dilakukan hanya dalam kurun waktu kurang lebih satu minggu. Tidak seperti kebanyakan Instansi atau Departemen yang tanggal pengumuman hasil seleksi administrasinya saja, baru dapat ditentukan kemudian.

Tempat pelaksanaan ujian CPNS Pemprov DKI Jakarta, sudah dapat disurvey oleh peserta ujian satu minggu sebelum ujian berlangsung. Satu lagi yang jarang sekali disediakan oleh pihak penyelenggaraan CPNS, yaitu peta menuju lokasi ujian dan denah lokasi nomor kursi peserta. Dua hal tadi disediakan pihak penyelenggara perekrutan CPNS Pemprov DKI Jakarta pada webnya, agar dapat di download peserta ujian, sehingga mempermudah peserta dalam mencari lokasi serta tempat duduk pada saat hari dimana ujian berlangsung.

Namun sesungguhnya, bukan berarti tidak terdapat kekurangan pada sistem yang sekarang telah diterapkan, paling tidak ini sudah jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Kedepan diharapkan ini dapat menjadi contoh yang baik, dalam menata sistem perekrutan di Instansi atau Departemen Pemerintahan. Jadi, segala hal yang menyangkut penyelenggaraan perekrutan CPNS dapat berlangsung cepat, tepat dan efisien.



Keberhasilan Pemprov DKI Jakarta Dalam Mengelola Sistem Perekrutan CPNS Periode 2009-2010SocialTwist Tell-a-Friend

2 comments:

taris on November 10, 2009 at 9:35 PM said...

mudah-mudahan aja sistim penilaiannya tidak dicampuri faktor x ya sob

Caramelcoklat on November 10, 2009 at 9:53 PM said...

amiiinnnnn............


Post a Comment

Recent Articles

Followers

Caramelcoklat Fans Box

 

Twitter