Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Your Ad Here

rss

Saturday, October 17, 2009

Raditya Dika Versus Miyabi, Gagal?

Bicara soal proyek film Menculik Miyabi garapan Maxima Production yang banyak menimbulkan kontroversi di kalangan masyarakat. Salah satu pencetus idenya, yakni Si Kambing Jantan alias Raditya Dika mengeluarkan statement barunya. Dari apa yang ditulis pada blognya tanggal 13 Oktober 2009, Raditya Dika yang sejak awal ikut berkecimpung sebagai penulis naskah dan bintang utama dari film tersebut menyatakan mengundurkan diri.

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan atas pengunduran dirinya dari film Menculik Miyabi, salah satunya adalah tekanan dari pihak keluarganya sendiri. Selain itu juga banyaknya penolakan terutama dari pihak FPI dan MUI, komentar-komentar dari masyarakat serta orang-orang terdekat membuatnya terpaksa megambil keputusan itu. Berikut adalah penyataan Si Kambing Jantan yang dikutip dari blog pribadinya (radityadika.com).

"Membaca komentar orang-orang, terutama dari orangtua gue, keluarga, dan bahkan dari beberapa situs yang menentang seperti Komisi Pencekalan Miyabi, gue jadi memikirkan ulang atas keterlibatan gue di film ini. Semua hal ini membuat gue jadi berpikir tentang pembaca gue, yang masih anak SMP, SMA, bahkan anak SD, yang mungkin saja membaca buku gue dan ingin tahu project gue selanjutnya dan malah secara “tidak sengaja” berkenalan dengan Miyabi karena gue lagi menggarap film tersebut. Tekanan tanggungjawab moral gue seperti ini kepada pembaca gue, plus tekanan sosial keluarga gue, dan kepentingan gue sendiri, membuat gue pada akhirnya memutuskan untuk mundur dari film ini, baik sebagai penulis skenario maupun pemain di dalamnya. So, there. I quit."

Sebuah keputusan yang bijak memang, dari pemikiran yang tidak mementingkan ego dan idealisme semata. Pertimbangan akan pembaca sekaligus penonton filmnya kelak memang sudah sepatutnya dipikirkan. Toh kehilangan kesempatan untuk bermain sekaligus menulis naskah satu film, tidak akan menjadikan seorang Raditya Dika kehilangan para penggemar tulisannya bukan? Salute, buat Si Kambing Jantan.

Isu terakhir Maxima Production masih akan tetap menjalankan proyek film Menculik Miyabi dengan sutradara Rako Prijanto dan penulis naskah Raditya Mangunsong. Begitulah kabar dari sebuah proyek film kontroversial, kita lihat saja bagaimana perkembangan selanjutnya.



Raditya Dika Versus Miyabi, Gagal?SocialTwist Tell-a-Friend

2 comments:

Ambar on October 18, 2009 at 12:43 PM said...

bagus raditya dika,, sangat bijaksana..

Hitler Jr. on October 19, 2009 at 7:06 PM said...

Jadi positif gagal nich?? berarti film Menculik Miyabi gak jadi tayang dunk. Tapi salut banget sama Si Kambing Jantan :thumbsup: Terima kasih infonya


Post a Comment

Recent Articles

Followers

Caramelcoklat Fans Box

 

Recent Readers

Twitter