Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly. Your Ad Here

rss

Thursday, May 27, 2010

Sastra Reboan Angkat Tragedi 12 Mei 1998

Bila kamu melangkahkan kaki pada hari Rabu malam di akhir bulan menuju Warung Apresiasi (Wapres) Bulungan, Jakarta. Maka kamu pasti akan menjumpai sebuah panggung sastra yang menyajikan seni, diskusi, puisi, cerpen bahkan musik sekalipun.

Sastra Reboan, Sebuah acara yang digagas oleh Paguyuban Sastra Rabu Malam (PaSar MaLam) sebagai bentuk apresiasi terhadap karya sastra selalu hadir di minggu terakhir tiap bulannya, pada hari Rabu sejak April 2008 lalu. Ada yang spesial pada Reboan ke 26 ini dengan hadirnya Joko Pinurbo. Seorang sastrawan asal Yogya yang tenar dengan karya puisi dan sajak-sajaknya. Dia yang biasanya enggan hadir jika diundang dalam acara sastra, entah kenapa kali ini ia menyempatkan untuk membacakan karya-karyanya pada puncak acara.

Selain Joko Pinurbo, Reboan semalam (26/5) juga diisi oleh sejumlah penyair seperti Heru Emka, Mustafa Ismail, Paquita Wijaya, Shinta Miranda, Idaman Andarmosoko serta politikus Budiman Sujatmiko. Acara dimulai dengan diskusi novel Sandikala karya Premita Fifi, yang dilanjutkan dengan pembacaan puisi dan sebagai pengisi intermezo band pop rock pun dihadirkan untuk meregangkan urat syaraf. Setelah itu, puisi-puisi ringan seputar cinta akhirnya dikumandangkan oleh seorang Idaman. Tema-tema cinta yang dibawakan Idaman memang cukup menghibur dan menggelitik, sebut saja salah satu puisinya yang bertajuk Balasan Surat Cinta Kepada Sang Penyair.

Sampai pada acara puncak, yang ditunggu-tunggu akhirnya naik pentas. Joko Pinurbo, membacakan beberapa sajak pendek mulai dari tema keseharian hingga kritik sosial yang pedas. Kejutan tak pernah berhenti pada Reboan malam itu, terakhir diberikan oleh seorang penonton yang membacakan puisi seputar tragedi 12 mei 1998. Berapi-api hingga menitikan air mata ia mengungkap diskriminasi serta perlakuan sadis terhadap masyarakat Tionghoa kala itu, yang kebutulan dirinya juga seorang Tionghoa.

Perlu diketahui, Sastra Reboan kini telah berjalan 2 tahun lebih. Tidak banyak pentas sastra layaknya Sastra Reboan yang wanginya sedikit demi sedikit mulai mengharumi panggung sastra di negeri Indonesia mampu bertahan sejauh itu, jadi apresiasi dan dukungan layak diberikan untuk acara-acara seperti ini.



Sastra Reboan Angkat Tragedi 12 Mei 1998SocialTwist Tell-a-Friend

16 comments:

Skydrugz on May 28, 2010 at 4:03 AM said...

ini puisinya diadain hy hari Rabu? :))

Gie on May 28, 2010 at 10:34 AM said...

Sastra Reboan diadakan setiap Rabu di akhir bulan, mas. Jika ingin sekedar hadir, mengisi bathin, monggo, jika ingin berpuisi, juga monggo, tinggal beritahu setidaknya 2 minggu sebelum acara. Silahkan datang, terbuka, dengan kopi dan teh serta aroma sastra.

salam,
Yo

etam grecek on May 28, 2010 at 10:58 AM said...

mengingatkan tragedi trisakti,,,,perjuangan masih berlnjut...

akhatam on May 28, 2010 at 2:06 PM said...

Sangatt mengerikann bila ingat kejadiann itu :|

Mufi_ed on May 28, 2010 at 7:54 PM said...

y bener bnget !!! meski saya tidak tahu pasti kejadian itu!!!
stidaknya saya juga mrasa harus prihatin saat itu !!

wajar saja sob, soalnya saat itu umur saya masih 6 tahun !! jdi msih blum paham !!!

gopong on May 29, 2010 at 8:00 AM said...

acaranya bagus tapi sayang jauh...

gopong on May 29, 2010 at 8:00 AM said...

acaranya bagus tapi sayang jauh...

pekik on May 29, 2010 at 9:27 AM said...

waahh... bner neeh..!! aku gak paham soal tragedi 12 mei

ea..secara umurku masih imut imut ..7 tahun..wkwkwkwkwk

jadi pengen ngikut kesana neeh..tp jauh men

Salon Oyah on May 30, 2010 at 10:30 AM said...

Tragedi 12 Mei 98... hmmm... aq inget wkt itu, aq msh tinggal di Jkt... yg q liat cuma org banyak lari2 bawa brg2... sebagian dititipkan di depan warung ibu aq... tapi, org2 itu kayak gak sadar dwech... atw kayak kesurupan gitu looohh... abis ngangkat spring bed cuma sndirian, pdhal aslinya, ngangkat berdua aja udah berat... Okelah kalaw begituw, sukses bwt pementasannya, sukses jga bwt sobat blogger q ... lanjuuuttt...

cara mengatur keuangan on May 31, 2010 at 8:37 PM said...

tragedi yg akan selalu teringat d pikiran masyarakat,...

Affiliasi Hosting on June 2, 2010 at 10:14 AM said...

Sejarah kelam yang menandai era baru bangsa ini

Skydrugz on June 3, 2010 at 3:45 PM said...

Sayangnya...hampir semua kejadian di Mei...sdh dilupakan mayoritas org

bisnis n hobby on June 6, 2010 at 9:57 PM said...

thanks sharenya kawan. lama ngga kesini apa kabar nih?

Skydrugz on June 22, 2010 at 12:15 PM said...

ndak nulis lagi? :D

Solusi Terbaik on October 1, 2010 at 11:00 PM said...

Akses internet kamu dengan cepat dan murah

sherlina halim on June 10, 2015 at 3:57 AM said...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi wwwasianbet77com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
http://asianbet77.com/


Post a Comment

Recent Articles

Followers

Caramelcoklat Fans Box

 

Twitter